LPKN | Training Center

Detail Kegiatan LPKN Training Center

KELAS ONLINE SMART SKILLS FOR SMART LEADERS (Meningkatkan Keterampilan Intra Personal, Inter Personal, dan Group Skills untuk Pemimpin Cerdas) 6 – 10 September 2022

Dibuat Oleh : Admin | 04 Okt 2022


Jakarta, 06 September 2022 Lembaga Pengembangan dan Konsultasi Nasional (LPKN) kembali menyelenggarakan Kelas Online SMART SKILLS FOR SMART LEADERS ( (Meningkatkan Keterampilan Intra Personal, Inter Personal, dan Group Skills untuk Pemimpin Cerdas) ) - 06 - 10 September 2022. Peserta Pelatihan ini berjumlah 50 peserta. Walaupun pelatihan ini melalu Zoom, keakraban pun saling terjalin antara Peserta, Panitia, dan Narasumber.

Sesi Pertama, 18/05/2022 – Pembukaan yang dibawakan oleh Salma Miranda Selaku Moderator. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak. Dr. S. Assery, SE, MM. (Praktisi Manajemen dan Akademisi Manajemen) dengan
Materi :

  • Memahami Diri Sendiri

Ada 5 aspek penting dalam memahami diri sendiri meliputi: evaluasi diri, nilai-nilai pribadi, gaya belajar, sikap terhadap perubahan, dan pengendalian emosi diri. Apabila kelima aspek tersebut telah dipahami dan dikelola dengan baik maka akan menghasilkan implikasi manajerial yang bagus.

  • Mengelola Stres Pribadi

Aspek pemicu stres ada 4 jenis yaitu waktu, interaksi, situasi, dan antisipasi. Mengelola stress ada tiga pilihan yaitu menghindari, mengubahnya, atau beradaptasi. Diperlukan ketangguhan dalam mengelola stres meliputi ketangguhan fisik, psikologis, dan sosial.

Sesi Kedua, 07/09/2022 – Pembukaan yang dibawakan oleh Salma Miranda Selaku Moderator. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak. Dr. S. Assery, SE, MM. (Praktisi Manajemen dan Akademisi Manajemen) dengan
Materi :

  • Memecahkan Masalah

Ada 2 pertanyaan dasar yang harus kita jawab dalam memecahkan masalah. Pertama, apakah ada informasi yang cukup atau tidak? Kedua, apakah hasil akhirnya mudah diperkirakan atau tidak? Diperlukan pemecahan masalah secara analitis dan kreatif.

  • Komunikasi Suportif

Komunikasi suportif adalah komunikasi yang saling mendukung antara pemberi pesan, penerima pesan, proses komunikasi, dan kualitas informasi. Komunikasi suportif ada 3 yaitu mendengarkan dengan baik, mengulang dengan tepat, dan bertanya lebih mendalam.

Sesi Ketiga, 08/09/2022 – Pembukaan yang dibawakan oleh Salma Miranda Selaku Moderator. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak. Dr. S. Assery, SE, MM. (Praktisi Manajemen dan Akademisi Manajemen) dengan
Materi :

  • Memengaruhi Orang Lain

Untuk bisa mempengaruhi orang lain diperlukan adanya kekuasaan atau power yang dimiliki dan sudah diakui oleh para pengikutnya. Pilih strategi mempengaruhi orang lain. Tingkatkan kekuasaan dan kewenangan. Berikan tanggapan tegas.

  • Memotivasi Orang Lain

Dalam memotivasi orang lain perlu diperhatikan bahwa kita harus memberikan pemahaman untuk bisa memotivasinya agar mencapai kinerja sesuai dengan yang ditargetkan.

Sesi Keempat, 09/09/2022 – Pembukaan yang dibawakan oleh Salma Miranda Selaku Moderator. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak. Dr. S. Assery, SE, MM. (Praktisi Manajemen dan Akademisi Manajemen) dengan
Materi :

  • Mengelola Konflik

Konflik perlu dikelola karena dengan adanya dinamika maka diharapkan bisa semakin meningkatkan kreativitas yang muncul dan bisa mengetahui loyalitas yang ada serta bisa mencapai solusi-solusi baru yang bisa bermanfaat bagi organisasi ke depan.

  • Memberdayakan Tim

Ada 8 elemen pemberdayaan. Menjelaskan visi dan misi. Membantu perkembangan bawahan. Tunjukkan perilaku sukses. Menyediakan sumber daya. Memberikan dukungan. Memberikan energi positif. Memberikan informasi yang objektif. Hubungkan dengan hasilnya. Berikan penghargaan bagi yang berhasil.

Sesi Kelima, 10/09/2022 – Pembukaan yang dibawakan oleh Salma Miranda Selaku Moderator. Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dipaparkan oleh Bapak. Dr. S. Assery, SE, MM. (Praktisi Manajemen dan Akademisi Manajemen) dengan
Materi :

  • Membangun Tim Tangguh

Ada 9 elemen dalam membentuk tim tangguh. Tim bukan hanya sekedar kerumunan orang-orang. Tim dibentuk tentu ada tujuannya, ada target yang bisa tercapai hasilnya. Dalam sebuah tim, tentu ada bermacam-macam orang, semuanya memiliki pengalaman personal masing-masing yang berbeda-beda.

  • Memimpin Perubahan Positif

Ada 5 aspek yang perlu diketahui pada saat kita memimpin perubahan yang positif. Jangan sampai terjadi perubahan yang membawa dampak negatif. Petakan dengan tepat, mana orang-orang yang mau berubah dan yang belum mau berubah, serta mana yang menentang perubahan.

Kegiatan Terkait :